TENTANG ALQURSIF

QS.65:3: Jauhi “praduga negatif”, sebab yang diduga itu termasuk yang gaib. Serahkan pada Allah, sebab bila Allah yang bertindak “semuanya akan beres”.

QS. 2 Al-Baqarah: 183: “Al-Quran itu adalah Hidayah (bahan inspirasi) dari Allah untuk manusia, komplit berisi Bayan (info data faktual), sepanjang operasionalnya terwujud dalam bentuk Furqan (terklasifikasi)”.

ALQURSIF memandang bahwa posisi umat Islam dewasa ini amat tepat bila mampu meresapi dan mengaplikasikan isi dari 20 buah thesis yang diajukan AL-QURSIF, dengan maksud dan tujuan untuk membangun kembali dinamika umat yang telah tertinggal jauh bila dibandingkan dengan umat-umat yang lain.

Kata “ALQURSIF” adalah bentuk singkatan dari : Al-Quran, Sunnah, Ilmu dan Filsafat”. Sepanjang prakteknya dapat dilihat dari dua aspek :

1. Aspek Organisatoris :
Yakni, sembilan orang individu yang tergabung dalam satu group diskusi, guna melakukan studi intensif terhadap Al-Quran dan Al-Sunnah Rasul berdasarkan kajian-kajian ilmu (pembuktian realistis) dan kajian-kajian filsafat (pembuktian logika).

2. Aspek Group Diskusi :
Yakni, kelompok pengkajian terhadap Al-Quran dan Al-Sunnah secara intensif melalui metode ilmu dan filsafat dengan memokuskan titik tolak kepada 20 buah pokok pikiran (thesis-thesis) yang disebut dengan “’Isyrun Fid Dala-il”.

Sembilan orang putra Asahan pendiri “Group Diskusi Alqursif” itu pada mulanya merupakan ide-ide pemikiran belaka yang belakangan menjelma menjadi hasil karya nyata dari ISPA (Ikatan Solidaritas Putra-putra Asahan) yang dicetuskan oleh dua serangkai (J.S. Manroe, BA. Dan Mursito, BA), dan disosialisasikan secara resmi kepada tujuh sahabat lainnya (Drs.Syamsul Hanif, A.Malik Munir, BA., Bambang Sutejo, BA., Sunaryo, Syahrizal Manurung, Alfurqan dan Risan Noor) pada Minggu, tanggal 3 April 1988, pukul 21.15 WIB, di rumah sdr. Mursito, BA., jalan Utama simpang Gg.Umanat Medan. Dokumen tersebut ditulis tanggal 26 Maret 1988, dan tersimpan dalam Ardoka-001 Seri:PA.

Bentuk pengkajian pun aktif pula digiatkan yang dibimbing oleh seorang yang pakar dalam bidang kajian yang sedang dibahas. Pengkajian tersebut sempat terlaksana sebanyak dua kali dalam kurun usia Alqursif yang sedemikian singkat itu. Namun isi kajian itu tetap dapat direkrut seintensif mungkin, serta menyebarkan pokok-pokok yang dipandang prinsip kepada majlis-majlis ta’lim, baik di wilayah kotamadya Medan, maupun di luarnya.

One Response to TENTANG ALQURSIF

  1. kopral cepot says:

    Assalamu’alaikum
    Banyak hal sy belajar disini…
    Salam kenal n hatur tararengkyu😉

    ALQURSIF; Wa’alaikum salam wr.wb. sama-sama belajar dan saling mengingatkan. Insyaa Allah. Slam kenal dan terimakasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s